Kamis, 13 Januari 2011

BLENDER 3D

PENGERTIAN BLENDER

Blender 3D adalah software gratis yang bisa kita gunakan untuk modeling , texturing, lighting, animasi dan video post processing 3 dimensi yang mulai eksis/muncul pada tahun 1995, dimana NeoGeo (perusaahan yang di danai oleh Ton Roosendaal yang kemudian beralih nama menjadi Not a Number (NaN) lah yang memunyai hak cipta atas Software tersebut.

Blender merupakan sebuah software pengolah 3 dimensi dan animasi yang compatible/dijalankan di beberapa OS, seperti;
• Windows
• Machintos
• IRIX
• Solaris
• NetBSD
• FreeBSD
• OpenBSD dan Linux.

Sama seperti software 3D pada umumnya seperti 3DSmax, blender bisa dikerjakan di hampir semua software 3D komersial lainnya, ray trace dengan kualitas tinggi, mempunyai simulasi physics yang bagus, dan penggunaan UV unwrapping yang sangat sempurna. Satu lagi kelebihan blender yang diinginkan banyak orang dan ditakuti oleh software 3D komersial lainnya adalah software ini sepenuhnya GRATIS.

SEJARAH BLENDER

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.


MEMBUAT OHP :

untuk membuat objek OHP pada blender, kita harus membuta bnentuk-bentuk bangun
yang merupakan komponen dari OHP secara keseluruhan.
untuk membuat bentuk bangun tertentu caranya sebagai berikut :
-pilih menu add
-klik bentuk yang diinginkan (mesh,cube,plane dll)
Untuk mengubah sudut pandang, kluk menu vie, dan pilih salah satunya (front, top, beside dll)
Untuk mengedit bangun tersebut, kita mengatur extrude dan scalenya dengan menekan tombol E dan S.
Kita gunakan Extrude untuk membuat bangun lebih tinggi, dan untuk mengatur besar kecilnya digunakan scale.
tampilan :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar